LP3M UPNVJ

Pada hari Rabu tanggal 13 Maret 2024 bertempat di Ruang Rapat Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) telah dilaksanakan rapat koordinasi untuk memulai pelaksanaan Akreditasi Internasional untuk 4 program studi di FIKES, yaitu S1 Keperawatan & Profesi Ners, S1 Kesehatan Masyarakat, dan S1 Gizi. Pada tahun 2024 ini lembaga akreditasi internasional Accreditation Agency for Study Programs in Engineering, Informatics, Natural Science, and Mathematics – ASIIN e.V. akan melakukan assessment terhadap program studi di UPNVJ.

Pada rapat koordinasi ini, turut hadir pula Dekanat, Kaprodi, Sesprodi, dan Tim GKM FIKES. Rapat koordinasi didahului dengan penyampaian informasi umum oleh Ka. LP3M Satria Yudhia Wijaya, M.S.Ak sebagai penanggungjawab penjaminan mutu tingkat universitas, dan dilanjutkan dengan paparan Self Assessment Report (SAR) oleh Kapus Sertifikasi dan Akreditasi International Ns. Serri Hutahaean, M.Kep.

“Pimpinan UPNVJ berkomitmen tinggi dalam hal penjaminan mutu program studi, dan hal ini dibuktikan dengan memenuhi ketentuan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi yaitu bahwa program studi harus terakreditasi nasional, dan jika dimungkinkan terakreditasi internasional” ujar Ka. LP3M. Pengalaman tahun 2023 ketika UPNVJ di akreditasi oleh Lembaga Akreditasi FIBAA dan mendapatkan hasil memuaskan, merupakan dorongan kuat untuk melanjutkan akreditasi internasional di program studi lainnya. Tahun 2024 ini, UPNVJ membidik Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN sebagai penilai kualitas mutu pendidikan di UPNVJ.

Pada kesempatan berikutnya, Kapus Sertifikasi dan Akreditasi International memaparkan timeline persiapan dan pelaksanaan akreditasi internasional ini. Program studi akan membentuk tim akreditasi (5 orang), dan tim pendukung dari tendik/mahasiswa. Kapus juga menjelaskan komponen-komponen yang harus disampaikan dalam SAR, termasuk perhitungan The European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS).

Timeline Akreditasi Internasional ASIIN e.V.
Share :