LP3M UPNVJ

Jakarta, 23 Oktober 2023 – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN “Veteran” Jakarta melakukan workshop dan pendampingan penyusunan perencanaan pembelajaran bauran, yang dihadirkan oleh para tenaga pengajar UPNVJ yang mengikuti pelatihan pembelajaran dalam jaringan batch 1. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung persiapan pembelajaran berjalan dengan baik yang berfokus pada Permendikbud Ristekdikti No 53 Tahun 2023 pasal 14 yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, inklusif, kolaboratif, kreatif dan efektif serta memberikan fleksibilitas dalam proses Pendidikan.

Acara ini dipimpin oleh kepala pusat pembelajaran LP3M UPNVJ Dr. Arief Wahyudi Jadmiko, M.Kep., M.Pd.Ked. yang dilanjutkan dengan memberikan beberapa arahan yang harus direncakan para tenaga pengajar UPNVJ sesuai suat edaran No. 84 Tahun 2023 mengenai UPN “Veteran” Jakarta pada Semester Ganjil TA. 2023/2024 menerapkan kebijakan pembelajaran Bauran (Blended Learning).

Dengan melihat kondisi saat ini seperti adanya pengembangan teknologi pembelajaran yang pesat, jumlah mahasiswa naik, ruang kelas terbatas, adult learning, student centered learning. Maka, diterapkannya beberapa bentuk pembelajaran (Tatap Muka, Web Enhanced, Bauran, Daring Penuh) dan setting belajar.

Acara dilanjutkan dengan para tenaga pengajar UPNVJ tiap fakultas melakukan presentasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan menyesuaikan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dengan metode pembelajaran bauran, menggunakan pembelajaran aktif dan interaktif yang berfokus pada peserta didik, serta memaksimalkan 50% secara daring dari total pertemuan dan hanya diperuntukkan bagi MK minimal semester 5.

Dengan adanya acara ini diharapkan rencana pembelajaran bauran di semester ganjil dapat terlaksana dengn baik, dan dapat menerapkan pembelajaran yang kreatif, efektif dan nyaman bagi mahasiswa UPNVJ.

Share :