LP3M UPNVJ

Jakarta, 10 Agustus 2023 – Pendidikan tinggi menjadi tonggak penting dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berkompeten. Dalam rangka memastikan kualitas pembelajaran yang semakin unggul, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta menggelar Bimbingan Teknis Mata Kuliah Wajib Universitas (Bimtek MKWU) pada 8-10 Agustus 2023. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Gedung Soepomo Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Lt. II ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan dosen dalam mengajar mata kuliah wajib, serta mendukung pencapaian akademik yang optimal.
Kegiatan Bimtek MKWU terbagi menjadi beberapa rangkaian agenda yang diawali dengan pembukaan acara.

Bapak Satria Yudhia S.E., M.S.Ak, Ka. LP3M UPN Veteran Jakarta, memberikan arahan dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya kualitas pengajaran dan profesionalisme dosen sebagai pilar utama dalam membentuk generasi muda yang berkarakter.

Narasumber pertama, Yudhi Latif, Ph.D, menghantarkan materi pertama tentang kepemimpinan yang berkarakter. Dengan wawasan mendalam, beliau menjelaskan tentang esensi dan tantangan dalam menjadi pemimpin yang mampu menginspirasi dan memimpin dengan integritas. Narasumber kedua Dr. Rasto yang menerangkan mengenai Pemimpin yang Berkarakter disambut penuh antusias oleh peserta Bimtek.

Pada hari kedua, para peserta Bimtek MKWU terlibat dalam diskusi mendalam sesuai mata kuliah yang diampuh.

Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd membuka wawasan baru tentang pengembangan bahasa yang terintegrasi dengan nilai Bela Negara. Sementara itu, Muhammad Zuhdi, S.Ag., M.Ed., Ph.D mengulas penerapan teknologi dalam pendidikan agama, menciptakan pemahaman yang lebih kontekstual bagi mahasiswa.
Tidak hanya itu, Dr. Erlina Wiyanarti., M.Pd membimbing para dosen dalam merancang pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang interaktif dan kreatif, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi generasi muda yang semakin dinamis.

Pada Hari penutupan pencerahan terkait Pancasila, politik, dan karakter Generasi Z difasilitasi oleh narasumber Syaiful Arif, Mhum. Diskusi ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang urgensi pendidikan dalam membentuk generasi muda yang memiliki wawasan nasionalisme dan integritas.

Kegiatan Bimtek MKWU ini sebagai momentum penuh arti dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Para dosen UPN Veteran Jakarta kini memiliki bekal yang lebih kuat dalam mengajar dan membentuk karakter mahasiswa. Semangat kolaborasi dan pembaruan ilmu akan terus membimbing langkah mereka menuju masa depan pendidikan yang lebih baik dan bermakna.

Share :