LP3M UPNVJ

Jakarta, 7 Agustus 2023 – UPN Veteran Jakarta mengadakan seminar lokal (semiloka) bertajuk “Optimalisasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam Menyikapi Perkembangan Jaman” yang diadakan di Aula Bhineka Tunggal Ika kampus tersebut pada hari Senin, 7 Agustus 2023.

Semiloka ini dihadiri oleh perwakilan dosen dari 7 Fakultas di UPN Veteran Jakarta. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen terkait metode pembelajaran interaktif yang mendukung Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dengan pemanfaatan Learning Management System (LMS).

Dalam sambutan pembuka, Bapak Rektor UPN Veteran Jakarta Dr. Antar Venus MA Comm., menyampaikan, “UPN Veteran Jakarta memiliki buku panduan bagaimana melakukan pembelajaran di kelas dan metode sebagai tulang punggung ketika melakukan pembelajaran. Inovasi penerapan media pembelajaran secara digital dapat dioptimalkan untuk memaksimalkan penerimaan materi kepada mahasiswa.”

Semiloka ini diisi oleh tiga narasumber ahli dalam bidang pendidikan:

Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., MA: Beliau berbicara tentang pentingnya memahami konsep metode pembelajaran aktif dan interaktif serta bagaimana menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa. Materi yang disampaikan memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendekatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Prof Dr. Amir Machmud, S.E., M.Si: Dalam sesi materinya, Prof. Amir Machmud membahas peran dosen dalam mengimplementasikan metode pembelajaran aktif dan interaktif. Diskusi fokus pada bagaimana metode tersebut dapat meningkatkan konsentrasi dan minat belajar mahasiswa di dalam kelas.

dr. Diantha Soemantri, MMedED., PhD: Narasumber terakhir, dr. Diantha Soemantri, membahas metode pembelajaran flipped classroom dengan optimalisasi Learning Management System (LMS). Ia mengilustrasikan bagaimana pendekatan ini dapat memajukan pengalaman belajar mahasiswa melalui pendekatan digital.

Semiloka ini turut dimeriahkan dengan tanya jawab dan diskusi antara narasumber dan peserta. Pada akhir acara, peserta semiloka diharapkan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya metode pembelajaran interaktif dalam menghadapi dinamika perkembangan zaman. Diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar mahasiswa di UPN Veteran Jakarta dan juga memajukan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.

Dokumentasi Klik Disini

Share :