LP3M UPNVJ

Jakarta, 3 Agustus 2023 – Pada tanggal 1 hingga 2 Agustus 2023, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menyelenggarakan acara berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran MKWU UPN Veteran Jakarta Berbasis Proyek yang Responsif terhadap Tantangan Global.” Acara ini dihadiri oleh narasumber utama, yaitu Dr. Arqom Kuswanjono dan Dr. Hari Setyowibowo, serta dihadiri oleh Seluruh Dosen MKWU UPN Veteran Jakarta.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Satria, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LP3M) UPN Veteran Jakarta. Dalam sambutannya, Bapak Satria menggarisbawahi beberapa hal penting terkait dengan pengembangan model pembelajaran untuk masa depan. Beberapa poin utama yang disampaikan dalam sambutan tersebut meliputi:

1. Bekal Pengajaran Mata Kuliah Semester Depan: UPN Veteran Jakarta berkomitmen memberikan bekal pengajaran Mata Kuliah semester depan untuk membekali mahasiswa dengan dasar negara dan pandangan hidup yang kuat, serta semangat inovasi dalam pembelajaran MKWU.

2. Kolaborasi dalam Pembelajaran: Model pembelajaran MKWU yang berbasis proyek perlu ditekankan dengan kiat atau teknik pembelajaran berbasis proyek yang berfokus pada kolaborasi antar mahasiswa dan dosen.

3. Pembaharuan dan Penguatan MKWU: Kegiatan pembaharuan dan penguatan MKWU perlu tetap relevan dengan perkembangan zaman dan mengajar mahasiswa yang akan menghadapi masa depan.

Selain itu, dalam acara tersebut Dr. Hari dan Dr. Arqom membahas beberapa poin penting terkait MKWU dan kebijakan pendidikan. Di antaranya adalah Berdasarkan UU 12 Pendidikan Tinggi yang mengamanatkan MKWU sebagai kurikulum wajib untuk agama, Pancasila, kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia. Pemerintah memberi wewenang kepada Perguruan Tinggi untuk melaksanakan MKWU tersebut.

Konsep dasar MKWU yang diusung adalah Perkuliahan berdasarkan dari apa yang didapatkan, distimulasi, dan dipraktekkan. Outcome atau hasil pembelajaran meliputi refleksi pelajaran berharga, menyasar masyarakat untuk diketahui hasilnya, dan perlu ada penilaian antar kelompok untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran di ruang kelas.

Strategi dan teknik penentuan Capaian Pembelajaran (CPL) untuk pembelajaran proyek sebagai topik yang penting dikaji dalam penjabaran Dr. Hari. Kompetensi harus sesuai dengan penilaian, dan rubrik penilaian dibuat sejak awal perkuliahan. Urutannya dimulai dengan tim dosen MKWU yang merumuskan penetapan proyek pada penugasan mahasiswa.

Model pembelajaran yang diusung adalah simulasi, diskusi, role-play, dan proyek yang dijalani bersama dari awal hingga akhir. Proyek kelompok akan dijadikan pilot dan disertai dengan video durasi 1-2 menit sebagai bentuk dokumentasi.

Acara pengembangan model pembelajaran MKWU UPN Veteran Jakarta ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di UPN Veteran Jakarta dan memberikan bekal mahasiswa dalam menghadapi tantangan global di masa depan.

Dokumentasi Klik Disini

Share :