LP3M UPNVJ

Jakarta, 21 Juli 2023 – UPN Veteran Jakarta menggelar audiensi UI GreenMetric di Ruang Rapat Nusantara 1, Gedung Rektorat UPN Veteran Jakarta. Rapat yang dihadiri oleh pimpinan tinggi UPN Veteran Jakarta mengundang narasumber utama Dr. Junaidi, S.S., M.A bertujuan untuk membahas langkah-langkah strategis dalam mewujudkan kampus hijau dan berkelanjutan di UPN Veteran Jakarta.

Rapat yang dipimpin oleh Kepala LP3M UPN Veteran Jakarta Bapak Satria Yudhia S.E, M.Ak, menyampaikan akan adanya sebuah tim khusus untuk melakukan persiapan mengenai UI GreenMetric yang akan bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan berbagai upaya untuk mencapai UPN Veteran Jakarta sebagai kampus hijau. Salah satu langkah pertama yang diambil adalah melalui audiensi bersama narasumber yang ahli dibidangnya, beberapa agenda penting berhasil dibahas, yaitu:

1. Penilaian Lingkungan Kampus: Tim UI GreenMetric akan melaksanakan penilaian lingkungan kampus UPN Veteran Jakarta berdasarkan indikator UI GreenMetric. Penilaian ini akan mencakup berbagai aspek penting, termasuk penerapan resapan air, pergantian lampu menjadi LED, pengelolaan limbah secara efisien, pengelolaan air yang optimal, serta pengembangan kerjasama dengan Transjakarta untuk implementasi parkir vertikal guna mengurangi dampak lingkungan.

2. Kampus Hijau dan SK Rektor: Rapat ini juga membahas tentang diperlukannya penyusunan Surat Keputusan (SK) kampus hijau oleh Rektor yang akan memberikan landasan hukum yang kuat dalam menerapkan kebijakan kampus hijau.

3. Pusat Penelitian tentang SDG (Sustainable Development Goals): Universitas berkomitmen untuk mendirikan pusat penelitian yang akan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) di kampus, guna berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan sosial.

4. Audit Energi dan Manajemen Kampus: Tim metric UPN Veteran Jakarta akan melakukan audit energi guna mengidentifikasi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya energi di kampus. Selain itu, akan dibentuk komisi penelitian untuk mengawasi pengelolaan kampus yang lebih efektif dan efisien.

Seluruh peserta rapat berkontribusi dalam menyusun indikator-indikator yang relevan untuk setiap poin agenda. Tindak lanjut dari audiensi ini adalah setiap anggota tim akan memperoleh daftar tugas dan tanggung jawab masing-masing dari koordinator proyek. Selanjutnya, dijadwalkan akan diadakan pertemuan reguler guna mengawasi kemajuan proyek dan mengevaluasi hasil yang telah dicapai. UPN Veteran Jakarta berkomitmen untuk menerapkan berbagai upaya kampus hijau ini guna memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan.

Dokumentasi Klik Disini

Share :