LP3M UPNVJ

Jatinangor, 13 Juli 2023 – MKWU UPN Veteran Jakarta Universitas mengadakan kunjungan kerja untuk mempersiapkan model pembelajaran mata kuliah wajib berbasis proyek ke Universitas Padjajaran (Unpad). Acara ini dihadiri oleh para dosen penerima Hibah MKWU yang berkontribusi mengembangkan program ini.

Acara yang dilaksanakan di ruang rapat bersama Gedung Rektorat Universitas Padjajaran disambut hangat oleh Pak Haridan Pak Fadhil. Dalam sambutannya, Pak Hary menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran tim dosen MWKU dan memberikan pengarahan mengenai program hibah MKWU dari Kementerian Pendidikan.

Ibu Aniek Selaku Kepala Pusat MKWU memimpin acara dan memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan kedatangan tim Hibah MKWU UPN Veteran Jakarta. Pada keterangannya beliau menjelaskan bahwa tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PBL) sehingga dapat dilakukan dengan tepat dan kolaboratif. Ia juga memaparkan tentang pelaksanaan PBL secara keseluruhan yang telah diterapkan di UPN Veteran Jakarta.

Penyampaian materi oleh Pak Hari memberikan penjelasan lebih rinci mengenai pelaksanaan PBL yang sudah di terapkan di Universitas Padjajaran, serta memberikan panduan penerapan pelaksanaan proyek berdasarkan 4 mata kuliah yang termasuk pada Mata Kuliah Wajib di Universitas. Beliau menekankan perlunya pembentukan Tim Persiapan yang akan bertanggung jawab dalam mempersiapkan program ini. Selain itu, Tim Dosen UPN Veteran Jakart juga diminta untuk melihat daftar dosen pengampu yang terlibat dalam program ini secara berkelanjutan.

Dalam kunjungan kerja ini, UPN Veteran Jakarta Pada bertujuan untuk mengembangkan program yang dapat diterapkan secara berkelanjutan. Peserta diinstruksikan untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengimplementasi program ini. Selain itu, tim dosen MKWU juga diminta untuk memilih mata kuliah yang akan terintegrasi dalam program. Dalam pemilihan mata kuliah, kualitas lebih diutamakan daripada kuantitas, sehingga peserta diharapkan memilih mata kuliah yang paling siap untuk diimplementasikan. Tim dosen MKWU perlu mempersiapkan program secara keseluruhan, termasuk workshop dan permintaan pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang relevan.

Peserta kunjungan kerja mengikuti acara dengan sangat serius dan penuh antusiasme. Tim dosen MKWU sudah memulai mempersiapkan penyelarasan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dari masing-masing mata kuliah yang akan terintegrasi dalam PBL.

Kunjungan kerja ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek di UPN Veteran Jakarta. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tercipta kolaborasi yang kuat di MKWU UPN Veteran Jakarta, serta terjalin kerjasama yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UPN Veteran Jakarta.

Share :