LP3M UPNVJ

Jakarta – 22 Juli 2023 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta resmi menutup tiga program penting dalam lingkup kampus, yaitu Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI), Applied Approach (AA), dan Training On Trainers (TOT). Penutupan ini merupakan bagian dari strategi universitas untuk mengalokasikan sumber daya dan upaya ke arah peningkatan kualitas pembelajaran dan kompetensi para dosen.

Dalam sambutannya, Bapak Satria selaku Kepala LP3M UPN Veteran Jakarta menyatakan bahwa kegiatan pelaksanaan Pekerti, AA dan TOT menekankan adanya pembelajaran keberlanjutan yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran perkuliahan bersama mahasiswa dengan menyediakan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan dunia pendidikan dan dunia kerja.

PEKERTI, AA, dan TOT sebelumnya merupakan program-program yang dirancang khusus untuk memperkuat keterampilan dasar teknik instruksional, menerapkan pendekatan terapan dalam pembelajaran, dan melatih para dosen menjadi instruktur yang handal. Para dosen yang mengikuti program ini mendapatkan pemahaman mendalam tentang metode pembelajaran yang efektif, pengembangan karakter, serta strategi mengajar yang inovatif.

Berbagai kegiatan, seperti diskusi, presentasi, simulasi, dan studi kasus, telah dilakukan untuk memperluas pengetahuan para dosen tentang teknik instruksional terkini. Pendekatan terapan dalam pembelajaran juga telah diterapkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, berorientasi pada pemecahan masalah, dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

Dengan agenda penutupan program ini Adapun hasil akhir disampaikan oleh Dr. Asep Kamaluddin, selaku Kepala Divisi PPGJK Direktorat Pendidikan UPI terkait peserta Pekerti, AA dan TOT sangat memberikan interaksi yang baik serta tingkat penyelesaian tugas dengan tepat, harapannya seluruh peserta dapat memperoleh kelulusan dalam pelaksanaan penilaian nanti.

UPN “Veteran” Jakarta akan lebih fokus dalam mengimplementasikan hasil dari program-program sebelumnya dan mengintegrasikan metode-metode pembelajaran yang telah dipelajari para dosen ke dalam kurikulum universitas. Diharapkan langkah ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran di seluruh program studi yang ada dan melahirkan lulusan yang lebih berkualitas serta berdaya saing tinggi.

Pada akhir acara penutupan, para peserta, termasuk para dosen yang telah mengikuti PEKERTI, AA, dan TOT bersama-sama menyanyikan lagu padamu negeri dan berfoto bersama sebagai tanda semangat dalam menghadapi tantangan pendidikan yang lebih baik di masa depan.

Share :