LP3M UPNVJ

Yogyakarta, 4 Juli 2023 – Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta melaksanakan kegiatan benchmarking ke Universitas Islam Indonesia (UII) dalam rangka persiapan akreditasi internasional dan penjajakan kerjasama. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai dari tanggal 3 hingga 4 Juli 2023, di kampus UII, Yogyakarta.

Kegiatan benchmarking ini bertujuan untuk mempelajari dan membandingkan praktik terbaik yang dilakukan oleh Program Studi Teknik Industri UII, yang telah memiliki pengalaman dalam meraih akreditasi internasional. Pada tahun 2019 Prodi Teknik Industri UII telah mendapatkan sertifikasi Asean University Network Quality Assurance (AUNQA).  UPN Veteran Jakarta berharap dapat belajar dari pengalaman UII dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi proses akreditasi internasional.

Selama kunjungan, delegasi dari Program Studi Teknik Industri UPN Veteran Jakarta bertemu dengan representasi Teknik Industri UII untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Diskusi intensif dilakukan untuk membahas praktik terbaik dalam pengembangan kurikulum, metode pengajaran, penelitian, dan hubungan dengan industri.

Dr. Henry Binsar Hamonangan Sitorus, S.T., M.T., selaku Dekan Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, menyampaikan bahwa kegiatan benchmarking ini merupakan langkah yang strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan Program Studi Teknik Industri UPN Veteran Jakarta untuk mendapatkan akreditasi internasional. Ia juga mengapresiasi kerjasama yang baik antara UPN Veteran Jakarta dan UII dalam bidang pendidikan.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang penjajakan kerjasama antara kedua universitas. Potensi kolaborasi yang melibatkan pertukaran pengajar, penelitian bersama, dan program pertukaran mahasiswa dijajaki untuk memperkaya pengalaman akademik bagi mahasiswa kedua institusi.

Diharapkan melalui kegiatan benchmarking ini, Program Studi Teknik Industri UPN Veteran Jakarta dapat memperoleh wawasan dan strategi yang berharga untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mampu menghadapi tantangan dalam persiapan akreditasi internasional. Selain itu, diharapkan kerjasama antara UPN Veteran Jakarta dan UII dapat semakin terjalin kuat, membawa manfaat bagi kedua institusi dan dunia pendidikan secara luas.

Share :