LP3M UPNVJ

Jakarta, 11 April 2023-Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M UPN “Veteran” Jakarta mengadakan Lokakarya Pengisian Rubrik Penilaian untuk Mendukung Implementasi OBE (Outcome Based Education) yang dilaksanakan secara Offline di Ruang Auditorium Bhineka Tunggal Ika UPN “Veteran” Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh bapak ibu dosen 10 Program Studi yang mengajukan Akreditasi FIBAA.

Dalam sambutannya, Bapak Satria, Kepala LP3M UPN “Veteran” Jakarta, menjelaskan tentang timeline pelaksanaan akreditasi FIBAA serta dokumen yang perlu disiapkan untuk pengajuan akreditasi FIBAA. Ia juga menekankan pentingnya implementasi OBE dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi dan bagaimana rubrik penilaian dapat membantu dalam mengukur capaian pembelajaran.

Lokakarya yang dipandu oleh moderator bapak Arief memberikan pengantar mengenai pentingnya lokakarya ini dalam mendukung tercapainya persiapan akreditasi FIBAA dan bagaimana rubrik penilaian dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.

Dr. Ir. Muchamad Oktaviandr, ST., MT. IPM. ASEAN. Eng juga menyampaikan materinya , dengan menguraikan bagaimana indikator dalam mengukur outcome dari proses pembelajaran dan harus menunjang bukti pembelajaran yang mendukung capaian pembelajaran tersebut. Beliaupun memberikan paparannya tentang penyusunan rubrik pembelajaran.

Narasumber yang kedua disampaikan oleh Dr. Nanang Alamsyah, ST., MT

Proses penilaian berbasis capaian pembelajaran dan constructive alignment menjadi fokus dalam paparannya. Constructive Alignment difokuskan pada outcomes dan assessment. Selain itu, bagian Delivery juga dijelaskan sebagai penunjang bagaimana proses penyampaiaan yang dibawakan saat diperkuliahan seperti penyampaian menggunakan Problem Based Learning.

Acara Lokakarya Pengisian Rubrik Penilaian untuk Mendukung Implementasi OBE (Outcome Based Education) ini sukses digelar dan mendapat interaksi yang tinggi dari peserta. Diharapkan dengan adanya lokakarya ini, kualitas pembelajaran di UPN “Veteran” Jakarta dapat terus meningkat dan dapat mendukung persiapan akreditasi FIBAA.

Dokumentasi Klik Disini

Share :