LP3M UPNVJ

Jakarta, 06 April 2023 – Kepala Pusat MKWU LP3M UPN “Veteran” Jakarta mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan di ruang rapat LP3M bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) berbasis proyek yang responsif terhadap tantangan global yang dapat diterapkan di UPN “Veteran” Jakarta. Pengembangan model pembelajaran ini didukung oleh program kampus merdeka Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan DIRJEN DIKTI, KEMENDIKBUD 2023.

Acara FGD ini dihadiri oleh tim penyusunan program yaitu Kapus MKWU, dosen koordinator dan staf LP3M UPN “Veteran” Jakarta, serta narasumber utama yaitu Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. Dalam FGD ini, pembahasan mengenai proposal pengajuan ditinjau dari beberapa aspek seperti dasar kebijakan MKWU di UPN “Veteran” Jakarta, Implementasi value bela negara pada setiap RPS MKWU yang di terapkan oleh dosen MKWU UPN “Veteran” Jakarta, dan Monitoring serta evaluasi dari pelaksanaan program pengembangan pembelajaran  yang responsif terhadap tantangan global.

Prof Endry, dalam sesi FGD tersebut, menjelaskan, “Peningkatan kualitas pembelajaran MKWU di Perguruan Tinggi berbasis proyek yang responsif terhadap tantangan global menjadi solusi terhadap permasalahan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan berbasis saintifik dan nilai-nilai luhur bangsa agar menjadi warga negara yang efektif dan produktif di masa yang akan datang. Melalui pendekatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kondisi dunia kerja yang terus berkembang.”

Tim penyusunan program bantuan dan peserta FGD berdiskusi mengenai pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang dapat mengintegrasikan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan aplikatif, serta pemilihan dan perancangan proyek yang dapat menghadirkan tantangan nyata dan solusi inovatif terhadap isu-isu global terutama isu yang terdapat pada 17 tujuan pengembangan berkelanjutan.

Diharapkan, hasil dari FGD ini dapat menjadi dasar dalam merumuskan proposal yang komprehensif dan efektif dalam mengembangkan model pembelajaran MKWU berbasis proyek yang responsif terhadap tantangan global, serta memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran MKWU di UPN “Veteran” Jakarta.

Dokumentasi Klik Disini

Share :