LP3M UPNVJ

Jakarta, 4 April 2023 – Kepala Pusat pembelajaran didampingi oleh Kepala LP3M UPN Veteran Jakarta mengadakan sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Penilaian OBE (Outcome Based Education). Upaya peningkatan kualitas pendidikan dan reputasi lembaga pendidikan yang unggul di tingkat internasional yang dapat menopang akreditasi FIBAA. Sosialisasi tersebut didampingi oleh Satria Yudhia Wijaya, dan difasilitatori oleh Kapus Pembelajaran Dr. Ns. Arief Wahyudi Jadmiko, M.Kep.

Dalam sambutannya Satria menyampaikan sosialisasi Monev Penilaian OBE (Outcome Based Education) sangat penting untuk memastikan bahwa UPN “Veteran” Jakarta memenuhi standar akreditasi internasional FIBAA. “OBE (Outcome Based Education) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada hasil belajar dan kompetensi yang ingin dicapai oleh mahasiswa. Melalui pendekatan ini, harapannya mahasiswa lebih siap dan memiliki kemampuan yang relevan di dunia kerja.

Kapus Pembelajaran Arief sebagai fasilitator dalam acara ini, menjelaskan adanya Monev Penilaian OBE (Outcome Based Education) bertujuan untuk memastikan kurikulum dan pembelajaran di UPN “Veteran” Jakarta berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

“Monev Penilaian OBE (Outcome Based Education) merupakan bagian vital dalam memastikan pencapaian pembelajaran yang da[at diterima oleh mahasiswa dan relevan dengan karir yang akan di tempuhnya saat di dunia kerja”. Ujarnya.

Sosialisasi Monev Penilaian OBE (Outcome Based Education) dihadiri oleh Dekan Fakultas, 10 Kaprodi dan Sekretaris Prodi yang di ajukan oleh UPN “Veteran” Jakarta. Penjelasan lebih lanjut disampaikan oleh Arief dalam paparannya pada penilaian Outcome Based Education dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Indikator-indikator tersebut mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang ingin dicapai oleh mahasiswa dalam setiap mata kuliah.

Dengan sosialisasi Monev Penilaian OBE (Outcome Based Education) yang dilakukan, diharapkan UPN “Veteran” Jakarta dapat memenuhi standar akreditasi internasional FIBAA dan semakin memperkuat posisi sebagai lembaga pendidikan yang unggul di tingkat internasional.

Dokumentasi Klik Disini

Share :