LP3M UPNVJ

LP3M – Senin, 30 Januari 2023 Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) UPN Veteran Jakarta mengadakan webinar filsafat & logika yang bertemakan Logika dalam kehidupan sehari-hari. Acara dibuka oleh Rektor UPN Veteran Jakarta Dr. Anter Venus MA.Comm yang menyampaikan keynote speakernya secara daring dihadapan narasumber, bapak-ibu dosen serta mahasiswa yang mengikuti webinar.

“Logika dipahami sebagai cabang filsafat yang praktis. Pengertian praktis yaitu dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karenanya tema pada webinar kali ini mengangkat Logika dalam kehidupan sehari-hari, sebagai makhluk rasional, dapat berfikir dan memiliki akal selalu menuntut penjelasan terkait peristiwa yang berada di sekitar. Penjelasan secara logis dibutuhkan secara benar benar benar. Logika menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.” Ucap Dr. Venus dalam penyampaian Keynote Speakernya.

Hari Logika sedunia di rayakan setiap tanggal 14 Januari bertujuan untuk memfokuskan perhatian komunitas sains dan masyarakat pada sejarah, implikasi praktis, dan signifikansi konseptual logika. Topik yang dibahas dalam webinar ini yaitu topik berpikir logis dalam dunia akademik yang dibawakan oleh Dr. Bagus Takwin, M.Hum. dan topik tentang pemahaman logika dan estetika dalam inovasi yang dibawakan oleh Bapak Tommy Awuy S.S, MPPSn

Dalam pemaparannya Dr. Bagus Takwin menjelaskan terdapat enam logika yang di gunakan untuk menarik kesimpulan, diantaranya adalah logika naturalis, logika artifisialis, logika tradisional, logika modern, logika formal dan logika material. Pada penerepannya terdapat lebih dari satu logika yang benar untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari, sebagai akademisi juga perlu memanfaatkan semua jenis logika dalam memaksimalkan cara pandang pada setiap pengambilan kesimpulan

Paparan yang kedua disampaikan oleh Bapak Tommy Awuy, S.S, MPPSn. yang mengemas materi dalam sebuah diskusi panjang yang sangat interaktif, penjelasan tentang logika dan imaginasi sangat berhubungan dengan kretivitas. Imaginasi dan intuisi dua hal yang membangun apa yang disebut dengan kreativitas.  Bagi sebagian orang yang bekerja dalam dunia inovatif dapat mengeksplorasi penggunaan sense yang di validasi, yang diawali dengan dua Langkah yaitu Langkah pertama pencarian ide, kemudian Langkah selanjutnya yaitu mempertanyakan dengan memvalidasi agar bisa mendapatkan kesimpulan yang dapat di terima.

Webinar diakhiri dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta webinar, harapannya kedepan UPN Veteran Jakarta Bersama Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) dapat merayakan hari logika sedunia setiap tahunnya agar bisa meningkatkan rasa keiingin tahuan mahasiswa dan seluruh civitas akademik dalam menggunakan logika berfikirnya.

Dokumentasi Klik Disini

Share :