LP3M UPNVJ

LP3MUPNVJ – Sebagai tindak lanjut dari pemberian bantuan Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun Anggaran 2022 dan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun Anggaran 2022 telah dilaksanakan. Direktorat Kelembagaan, melakukan kunjungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) penerimaan bantuan Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun Anggaran 2022 pada hari Selasa 1 November 2022.

Adapun kegiatan monev bertujuan untuk:

  1. Mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program, capaian luaran, indikator kinerja, capaian fisik dan realisasi dana PK-KM berdasarkan capaian per 30 September 2022 yang telah disampaikan kepada Direktorat Kelembagaan;
  2. Mengidentifikasi kendala dan memberikan masukan kepada pelaksana program untuk kelancaran pelaksanaan dan pencapaian target luaran, dan
  3. Memberikan masukan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi tentang pelaksanaan program secara keseluruhan.

Acara diawali pembukaan oleh Ketua LP3M UPN “Veteran” Jakarta Satria Yudhia Wijaya, SE, MS.AK Selaku Ketua Taskforce Program Kompetisi Kampus Merdeka. Dalam sambutanya beliau menyampaikan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM MSc dan Enny Ratnaningsih, Ph.D. Selaku Evaluator, Bapak Yusron Nurrachim dari Inspektorat Jenderal dan Bapak Yusnar Ardian Christanto dari Direktorat Kelembgaan.

Beliau juga memyampaikan beberapa aktifitas yang diusulkan melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka diantaranya:

  1. Peningkatan Daya Saing Lulusan melalui Keterampilan Analisa Big Data (S1 EP)
  2. Internationalisasi Program Studi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (S1 EP)
  3. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Di Dunia Kerja (S1 Komunikasi)
  4. Peningkatan Lulusan yang Berjiwa Wiraswasta Dalam Bidang Komunikasi Digital (S1 Komunikasi)
  5. Meningkatkan Lulusan Multi Keahlian Melalui MBKM (LP3M)
  6. Aktivitas Perancangan Aplikasi MBKM Berbasis Website (UPT TIK)
  7. Aktivitas Pengembangan SDM TIK (UPT TIK)

“Kurikulum UPNVJ sudah memploting semester 5atau 6 mahasiswa melakukan kegiatan MBKM dan mulai tahun depan akan masuk angkatan 2020 yang memang sudah di terapkan kurikulum MBKM jadi untuk tahun depan 2023 MBKM akan menjadi kewajiban bagi seluruh mahasiswa, oleh sebab itu perlu dikelola secara sistematis dan juga secara terintegrasi sehingga tim TIK membangun sebuah platform untuk pendaftaran dan juga monitoring kegiatan MBKM yang berbasis website” ucap Satria.

Beliau menyampaikan juga, bahwa secara umum tidak ada kendala, namun dilihat dari timeline pendaftaran yang sudah dimulai sejak Maret 2022, dan pengumuman diterima di bulan Mei 2022 dan verifikasi di Juni 2022 tetapi DIPA kami terima pada akhir 25 Agustus 2022 untuk itu laporan per 30 september 2022 memang belum banyak kegiatan, kegiatan baru banyak dibulan Oktober dan mudah mudahan ini bukan merupakan suatu kendala.

Kegiatan monitoring dan evaluasi PK-KM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) melibatkan:

  1. Pimpinan PT/ Fakultas/Ketua Pelaksana/Tim Pelaksana Prodi/ISS-MBKM, Bagian Pengadaan, Tim Monev, Dosen dan Mahasiswa yang terlibat.
  2. Tim Taskforce menyiapkan dan memperlihatkan bahan berupa:
  3. Presentasi pelaksanaan PK-KM Tahun Anggaran 2022.
  4. Dokumen Keuangan dan Pengadaan Barang/Jasa Pelaksanaan PK-KM TA 2022.
  5. Dokumentasi Pelaksanaan PK-KM Tahun Anggaran 2022 (video atau foto kegiatan).

Dokumentasi Klik Disini

Share :