LP3M UPNVJ

LPPPM- Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPNVJ mengadakan Bimtek Dosen Pendidikan Agama Islam UPN Veteran Jakarta. Sebanyak  16 Dosen menghadiri Bimtek tersebut yang diadakan di Ruang Mass Classroom Gd. Soetomo Lt.2., Selasa (19/07/2022). Mengundang tiga Narasumber yakni  Wakil Rektor bidang Akademik UPN Veteran Jakarta Dr. Anter Venus, M.A. Comm., sebagai pembicara kunci, dan dua Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yakni Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Guru Besar Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, dan  Prof. dan Dr. H. Armai Arief, M.Ag. yang merupakan guru besar Pendidikan Agama Islam.  

Pada pengarahannya, Dr. Antar Venus mengatakan karakter warga negara yang baik dilandaskan dengan nilai-nilai agama. Keyakinan atau Core Believe yakni sebuah sistem keyakinan yang dimiliki salah satunya tentang keyakinan beragama.

“Pembelajaran agama Islam di kampus UPN Veteran Jakarta diajarkan secara khas dengan merujuk pada identitas UPN Veteran Jakarta sebagai kampus bela negara. Pendidikan agama Islam di UPN Veteran Jakarta dilandaskan pada empat pijakan yang dijadikan orientasi dalam pembelajaran agama Islam di UPNVJ yakni;  (1) pembelajaran agama Islam berorientasi moderasi, (2) implementasi nilai-nilai Islam secara kontekstual untuk menjadi warga negara yang baik dalam bingkai Pancasila dan UUD 1945,  (3) penguatan hubungan agama dengan sains-teknologi, serta (4)  pengaktualan agama islam dengan merelevansikan dengan isu-isu kekinian mulai dari gonjang ganjing dunia digital termasuk didalamnya fenomena hoaks, bonus demografi, hinga isu-isu SDGs khususnya sustainability”. kata Dr. Antar Venus mengawali Paparannya.

Dr. Antar Venus berharap agar seluruh dosen mendapatkan pemahaman yang

Dr. Antar Venus berharap agar seluruh dosen mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang strategi, metode dan model-model pembelajaran dari narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu pemateri pertama disampaikan oleh Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA seorang Guru Besar Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang menyampaikan materi karakteristik pendidikan agama islam di perguruan tinggi umum yang memiliki ciri khas kampus bela negara.

Prof. Dr. H. Abbudin Nata, MA, menjelaskan bagaimana melihat perspektif bela negara dalam perspektif islam.

“Pendidikan Agama Islam harus melalui multi approach, dengan demikian dapat menghadirkan materi agama islam secara menarik dan dapat diikuti seiring dengan perkembangan jaman. Pentingnya Pendidikan Agama Islam dengan menanamk  an iman menjadi spirit/ dorongan menjadi mental spiritual, apabila mental spiritual ini di amalkan akan tercermin karakter yang islam yang Rahmatan Lil’alamin”. Jelas Prof. Dr. H. Abbudin Nata, MA.

Sesi kedua Bimtek Dosen Pendidikan Agama Islam disampaikan oleh Prof. Dr. H. Armai Arief, M.Ag. seorang Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Pendidikan Agama Islam dan dosen PTIQ Jakarta Fakultas Tafsir dengan materi Moderasi Beragama pada Perguruan Tinggi Umum Moderasi Beragama pada Perguruan Tinggi Umum.

Share :