LP3M UPNVJ

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN Veteran Jakarta menggelar Workshop Learning Design Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA) yang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 19 April 2022 dan 22 April 2022 bertempat di Kampus UPN Veteran Jakarta dengan mengundang narasumber dari Universitas Negeri Yogyakarta Andian Ari Anggraeni S.T., M.Sc..

Pelaksanaan Workshop Learning Design SPADA bertujuan agar dosen-dosen UPN Veteran Jakarta dapat membuat rancangan dengan menciptakan sendiri bentuk pembelajaran yang berbasis audio-visual, tentunya memanfaatkan learning management system (LMS) SPADA. Video pembelajaran LMS SPADA dapat dijadikan panduan untuk pembelajaran.

LMS SPADA merupakan salah satu bentuk mooc atau course yang dimiliki oleh Indonesia dengan fungsi administrasi dokumentasi, tracking, pelaporan automatisasi dan course delivery. SPADA menyediakan pelayanan berupa materi terbuka (micro credential), mata kuliah terbuka (mooc), dan mata kuliah daring (blended learning, alih kredit).

Di era saat ini metode pembelajaran yang efektif adalah dengan menggunakan metode flipped learning/flipped classroom. Flipped Learning merupakan metode pembelajaran dimana mahasiswa akan memperoleh pembelajaran melalui unggahan video dari dosen, kemudian mahasiswa bisa mendemonstrasikan isi dari video pembelajaran yang telah terunggah. Fasilitas yang disediakan oleh LMS SPADA dinilai mampu mendukung dan meningkatkan efektifitas metode pembelajaran flipped learning.

Semoga Dosen-dosen yang telah mengikuti Workshop Learning Design SPADA diharapkan mampu dan berhasil memberikan motivasi kepada dosen-dosen lain yang ada di lingkungan UPN Veteran Jakarta untuk ikut merancang dan mengembangkan video pembelajaran melalui SPADA.

Share :