Workshop Penyusunan Konten Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) dengan Pemanfaatan e-Learning Berbasis Nilai-Nilai Bela Negara

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN Veteran Jakarta menggelar workshop yang bertajuk Penyusunan Konten Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) dengan Pemanfaatan e-Learning Berbasis Nilai-Nilai Bela Negara selama 2 (dua) hari, 22-23 Januari 2020. Ada 2 (dua) narasumber yang mengisi kegiatan ini, yakni Rangga Firdaus, M.Kom (Cand, Dr) Universitas Lampung dan Andhika Octa Indarso, M.MSI (Kepala Pusat e-Learning) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Narasumber  di hari pertama, memberikan materi mengenai 12 hal penting dalam memahami capaian pembelajaran (Learning Outcomes)  yang diantaranya ialah Filoshopi future dan vision, peranan TIK dalam konteks kurikulum dan standar, fenomena perubahan model pembelajaran, implementasi pembelajaran revolusi industri, strategi implementasi TIK untuk pembelajaran, paradigm pembelajaran era revolusi industri 4.0, penggambaran fenomena transformasi perubahan pada dunia pendidikan, merancang teknik penyajian hypercontent, merancang soal tugas dan latihan yang menyenangkan, menyelaraskan keberadaan TIK dalam beragam model pedagogi, serta memberikan contoh repositori aplikasi TIK. Kedua belas hal ini menjadi landasan untuk membuat perkuliahan semakin menarik serta mengasah kreatifitas mahasiswa di kelas.

Workshop dimulai dengan memberikan permainan yang dapat dengan mudah diakses melalui internet, harapannya peserta workshop dapat memahami pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Hari pertama dalam pelaksanaan workshop dosen diperlihatkan dengan media-media baru yang dapat membuat akses informasi pembelajaran dikelas bisa pula melalui internet, sebagai contoh aplikasi yaitu zoom. Aplikasi ini dapat memungkinkan dosen bisa memberikan perkuliahan secara online pada waktu yang ditentukan serta mahasiswa dapat melakukan proses pembelajaran dimana saja. Inilah yang menjadi salah satu contoh penerapan kelas e-learning.

Peserta workshop diajarkan untuk dapat membuat pertanyaan interaktif dengan menggunakan Kahoot dan Quizziz, setelahnya dosen diberikan pembagian tugas untuk bisa membuat materi pembelajaran secara interaktif dengan media televisi di ruang lab. TV FISIP. Video pembelajaran yang telah direkam kemudian ditayangkan untuk diperlihatkan bersama di ruang Nusantara 1 bersama dosen lainnya. Bapak Andhika sebagai narasumber yang kedua memaparkan mengenai tata cara penggunakan e-Learning 4.0 UPN Veteran Jakarta, diharapkan untuk kedepannya dosen dapat memanfaatkan penggunaan e-Learning sebagai salah satu akses pembelajaran.

 
[Sassy_Social_Share]