
Jakarta, 4 Juni 2025 — Memasuki hari ketiga pelaksanaan Diseminasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning/PjBL) dan Studi Kasus (Case-based Method/CbM) yang digelar oleh Pusat Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) LPMPP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ), antusiasme peserta semakin meningkat. Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting sejak pukul 08.00 WIB ini tetap dipimpin langsung oleh Kepala Pusat MKWK Dra. Aniek Irawatie, M.Si.

Sebagaimana pada hari-hari sebelumnya, mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah MKWK kembali bergabung ke dalam breakout room yang telah disediakan untuk mempresentasikan proyek dan studi kasus masing-masing. Tema yang diangkat masih beragam dan terbagi dalam delapan kategori, yaitu: Room 1: Filsafat Ilmu dan Logika, Room 2: Program Tayangan Anak, Room 3: Program Tayangan Berita, Room 4: Program Tayangan Podcast, Room 5: Program Tayangan Talkshow, Room 6: Program Tayangan Variety Show, Room 7: Program Tayangan Sinetron, Room 8: Program Tayangan Infotainment
Pada hari ketiga ini, peserta terlihat semakin percaya diri dalam menyampaikan gagasan, analisis, serta hasil produksi tayangan yang telah mereka kerjakan selama perkuliahan. Kreativitas mahasiswa semakin menonjol, baik dari segi konsep, isi narasi, visualisasi, hingga teknik penyampaian.

Dosen pengampu mata kuliah MKWK turut memberikan apresiasi terhadap peningkatan kualitas presentasi dan keterlibatan aktif mahasiswa dalam diskusi. Beberapa proyek bahkan menampilkan pendekatan multidisiplin, menggabungkan nilai-nilai kebangsaan, etika, serta kepekaan terhadap isu sosial dan budaya dalam bentuk tayangan yang komunikatif dan menarik.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang presentasi, tetapi juga ruang pembelajaran timbal balik yang mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, bekerja sama dalam tim, serta mengasah kemampuan komunikasi publik.
LPMPP UPNVJ melalui Pusat MKWK terus mendorong agar metode PjBL dan CbM diterapkan secara konsisten dalam pembelajaran MKWK, guna menciptakan ekosistem akademik yang inovatif dan relevan dengan tantangan zaman.