LP3M UPNVJ

LPMPP-UPNVJ, Jakarta 06-08 Mei 2024, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) menggelar Fullboard Penyusunan SAR dan Appendices Akreditasi ASIIN yang berlokasi di RA Suites Simatupang, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor Bidang Akademik selaku Pengarah Akreditasi Internasional ASIIN.

Kegiatan dibuka oleh Ketua LPMPP Satria Yudhia Wijaya, S.E., M.S.Ak selaku penanggung jawab dan dilanjutkan oleh Ketua Pelaksana Teknis Akreditasi ASIIN, Ns. Serri Hutahaean, S.Kep., M.Kep.. Akreditasi Internasional ASIIN diikuti oleh 3 tiga Program Studi yaitu, Program Studi Sarjana Keperawatan, Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Program Studi Sarjana Gizi.

Pelaksanaan kegiatan Fullboard di hari pertama diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing Program Studi pada dokumen SAR dan Appendices. Masing-masing Program Studi memaparkan hasil Self-Asesment yang sebelumnya telah disusun. Adapun dokumen Self-Asesment terdisi dari Pendahuluan yang mencakup visi, misi, kurikulum, dan profil lulusan. Selain itu, Akreditasi ASIIN juga menekankan manajemen kualitas melalui sistem penjaminan mutu.

Pemaparan Self-Asesment ini didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Henry Binsar Hamonangan Sitorus, S.T., M.T.. Pada proses pemaparan, Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan beberapa review untuk dijadikan catatan pada laporan Self-Asesment. Disampaikan bahwa penggunaan Bahasa Inggris dan proses penerjemahan dari Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris harus perlu diperhatikan dan diawasi dengan cermat. Terutama pada proses penerjemahan dokumen seperti ijazah dan transkrip nilai mahasiswa yang harus dilakukan oleh penerjemah tersumpah.

Di hari kedua didampingi oleh Rektor, Program Studi kembali melakukan kerja mandiri dan memaparkan kembali penyusunan SER dan Appendices yang sebelumnya telah dibagi per masing-masing kriteria oleh Wakil Dekan FIKES.

Setelah melaksanakan kerja mandiri dan pemaparan dokumen SER dan Appendices, di hari ketiga Tim melakukan submit data internal yang dikelola oleh LPMPP untuk dilakukan pengecekan kembali sebelum submit ke ASIIN yang dijadwalkan pada bulan Juni 2024 mendatang.

Share :