LP3M UPNVJ

Bandung, 21 Maret 2024 — Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) UPN “ Veteran” Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Acara dihadiri oleh para dosen MKWK.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Rapat Direktorat Universitas Pendidikan Indonesia disambut hangat oleh Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A. selaku Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UPI dan para dosen MKWK UPI. Dalam sambutannya, Prof. Didi menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran tim dosen MWKK dan memberikan penjelasan penglolaan MKWK di UPI.

Dra. Aniek Irawatie, M.Si selaku Kepala Pusat MKWK UPNVJ memberikan penjelasan maksud dan tujuan kunjungan ini untuk membangun kerjasama dalam pengelolaan Mata Kuliajh Wajib Kurikulum (MKWK). Karena, Sertifikasi AA dan Pekerti sering diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Maka, dengan ini diharapkan UPNVJ akan mendapatkan pengetahuan yang luas dalam pengelolaan MKWK yang kedepannya bisa diterapkan di UPNVJ. Ia sekaligus memaparkan pengelolaan MKWK di UPNVJ.

UPI memiliki Departemen MKU, tetapi saat ini terdapat perubahan pengelolaan MKWK pada UPI akan disebarkan kembali ke masing-masing program studi. UPI secara kelembagaan terkait MKWU serta kegiatan yang menjadi bagian akademik itu wajib diterapkan, karena jika akademik berkurang akan mempengaruhi pada kelulusan. CPL MKWK yang disusun UPI mengacu pada CPL Universitas, namun ada beberapa konten khusus materi yang memang mengacu kepada program studi.

Peserta kunjungan kerja mengikuti acara dengan sangat serius dan penuh antusiasme. Tim dosen MKWK saling memperkenalkan model pembelajaran serta Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum yang diselenggarakan masing-masing universitas serta berdiskusi terkait RPS, Pembagian Kelas dan lainnya.

Kunjungan kerja ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dalam mengembangkan model pembelajaran MKWK di UPN “Veteran “Jakarta. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tercipta kolaborasi yang kuat di MKWK UPN “Veteran” Jakarta dengan Universitas Pendidikan indonesia (UPI, serta terjalin kerjasama yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UPN Veteran Jakarta.

Share :