LP3M UPNVJ

Jakarta, 20 Maret 2024 – Dalam rangka percepatan dalam implementasi monitoring dan evaluasi terkait ketercapaian Profil Lulusan, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran melalui Kapus Pengembangan  Pembelajaran melakukan pendampingan pengisian aplikasi ketercapaian CPL di beberapa Fakultas. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan setelah beberapa sosialisasi sebelumnya yang dilakukan untuk Wakil Dekan Bidang Akademik dan Koordinator Program Studi. Pendampingan ini dilakukan untuk memastikan Dosen Koordinator Mata Kuliah memahami tujuan dan memanfaatkan kemudahan dari aplikasi ini dalam melakukan monitoring ketercapaian profil lulusan, penyusunan Rencana Pembelajaran Semester digital dan memastikan perkuliahan berjalan dengan rencana pembelajaran melalui monitoring perkuliahan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapus Pengembangan Pembelajaran dan Tim pengembang aplikasi. Kegiatan pendampingan dilakukan secara bergantian di berbagai Fakultas. Adapun beberapa Fakultas yang sudah menyelenggarakan sosialisasi aplikasi ketercapaian Profil Lulusan diantaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Hukum. Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini dimulai dengan pembahasan singkat terkait implementasi kurikulum yang berbasis Outcome Based Education. “Kesamaan tujuan dan persepsi terkait implementasi kurikulum tersebut perlu untuk dilakukan, agar semua akademisi merasa memiliki dan bertanggung jawab secara utuh dalam penyelenggaraan pembelajaran di Kampus”, papar Arief (Kapus Pengembangan Pembelajaran) disela-sela kegiatan. Setelah kesamaan persepsi dan tujuan pengembangan aplikasi disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan terkait aplikasi dan praktik pengisian aplikasi ketercapaian profil lulusan. Kegiatan sangat menyenangkan dan memberikan kemudahan bagi peserta dalam kegiatan tersebut, karena tim selalu responsif terhadap segala bentuk kesulitan yang peserta hadapi.

Aplikasi ini sangat memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi Dosen Khususnya. Adapun outlet dari aplikasi ini adalah diantaranya Digitalisasi RPS, Penjaminan mutu RPS melalui review kualitas RPS yang dilakukan oleh pihak terkait, Ketercapaian pencapaian Profil Lulusan dari berbagai Mata Kuliah, Input nilai yang mudah, monitoring pelaksanaan pembelajaran, review soal, dan integrasi aplikasi dengan pelaporan IKU 7.

Besar harapan aplikasi ini bisa dimanfaatkan semua sivitas akademik dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran dan mempermudah dalam memastikan ketercapaian CPL Program Studi.

Share :