LP3M UPNVJ

LP3MUPNVJ-Pelaksanaan Fullboard Penyusunan Proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) acara dihadiri oleh Ka. LP3M, Sekretaris LP3M, Kapus Pembelajaran Koordinator MBKM Dr. Ns. Arief Wahyudi Jadmiko, S.Kep., M.Kep, PIC MBKM, Tim Fakultas Hukum, Tim Fakultas Teknik, Tim Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta. “Ruang Kebagusan 6 Hotel Aston Simatupang Jakarta, 05-07 Januari 2023″.

Acara dibuka oleh Ka. LP3M Satria Yudhia Wijaya, SE., MS.Ak dengan menyampaikan beberapa kegiatan yang akan dilakukan selama 2 hari kedepan diantaranya :

  1. Penyamaan Persepsi Penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK)
  2. Reviu Proposal PKKM oleh Prof. Dr. Ir. Herman Parung, M.Eng.
  3. Finalisasi Penyusunan Keseluruhan Proposal PKKM 2023 untuk 3 (Tiga) Program Studi.

PK-KM merupakan program kompetisi merdeka, dengan sistem berkelompok. Sistem seleksi  berkelompok  berdasarkan  pada  jumlah  mahasiswa  aktif  dan akreditasi  perguruan  tinggi  serta  geografi/regional. PK-KM  dapat  mencakup  program  studi dan program di tingkat institusi yang diutamakan untuk sistem pengelolaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau disebut Institutional Support System (ISS) -MBKM.

Secara khusus PK-KM di tingkat program studi bertujuan untuk meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK di masa depan sesuai dengan keunggulan program studi dan meningkatkan kerjasama dengan DUDI dan top world class universitas dalam rangka transformasi pendidikan tinggi untuk mendapatkan pengakuan internasional dan meningkatkan daya saing bangsa. PK-KM ISS-MBKM secara khusus  ditujukan  untuk  memperkuat  tata  kelola  MBKM  dan  memfasilitasi  implementasi kampus  merdeka  untuk  mendukung  transformasi  pendidikan  tinggi  yang  dilaksanakan  di seluruh program studi.

Dalam rangka mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka 2023, UPN “Veteran” Jakarta mengusulkan 3 (tiga) program studi yaitu Teknik Perkapalan (S1), Hukum (S1), dan Sistem Informasi (S1). Penyelenggaran kegiatan fullboard bertujuan untuk memberikan penyamaan persepsi dalam penyusunan Kerangka Acuan Kerja dan Proposal mengikuti susunan panduan penyusunan proposal PKKM 2023.

Kegiatan fullboard yang berlangsung selama 3 hari ini mengundang narasumber yang berasal dari Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Herman Parung, M.Eng secara online daring. Berdasarkan hasil review dan dari penyusunan proposal PKKM bahwa perlu untuk diperhatikan setiap aktivitas dan subaktivitas dalam menentukan tujuan dan jenjang masalahnya. Selain itu, perlu untuk menyeimbangkan antara aktivitas dengan sumber daya dan biaya dan dibutuhkan pada setiap aktivitas untuk memberikan hasil luaran yang ingin dicapai.

Dokumentasi Klik disini

Share :