LP3M UPNVJ

LP3MUPNVJ – Menggelar Workshop Monitoring dan Evaluasi CPL dan CPMK untuk tercapainya Profil Lulusan Program Studi UPN “Veteran Jakarta acara dihadiri oleh Sekretaris LP3M, Kapus Pembelajaran selaku moderator pada acara ini Dr. Ns. Arief Wahyudi Jadmiko, S.Kep., M.Kep, Kepala Jurusan, Kepala Program Studi, Wakil Dekan dilingkungan UPNVJ. “Auditorium Bhineka Tunggal Ika, Kamis 6 Oktober 2022”.

Acara diawali oleh sambutan sekretaris lp3m UPNVJ Dr. Ni Putu Eka Widiastuti, SE. M.Si., CSRS, dalam sambutanya beliau menyampaikan terima kasih kepada Narasumber Ibu Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., MN., Ph.D yang sudah berkenan untuk hadir secara luring.  Bapak/Ibu Kepala Jurusan, Kepala Program Studi, Wakil Dekan yang sudah berkenan hadir pada kegiatan ini, yang mana maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah dalam koteks bagaimana memonitoring dan evaluasi capaian pembelajaran lulusan dan capaian pembelajaran mata kuliah untuk mendukung tercapainya profil lulusan.

Informasi yang dapat kami sampaikan bahwa kami semua disini sedang berjuang untuk bagaimana bisa kami meraih Akreditasi Internasional seperti yang sudah di capai oleh Unhas, yang beberapa waktu lalu LP3M UPNVJ sudah melakukan kunjungan kerja ke Unhas, dan kenapa memilih Unhas untuk Benchmarking adalah karena Unhas sudah memiliki 53 Program Studi yang sudah berstatus Terakreditasi Internasional baik itu sosial humaniora maupun saintek.

UPN “Veteran” Jakarta di tahun 2023 sedang menyiapkan untuk re-Akreditasi AIPT dan harapan kami adalah kami bisa melalui ISK tanpa menulis LED 9 Kriteria atau LKPT, setelah berdiskusi untuk syarat Unggul UPNVJ kurang 0,1 sehingga kami akan memprioritaskan program studi yang memang berpeluang meningkatkan nilai akreditasinya, dari yang B menjadi Unggul atau B menjadi Baik sekali. “Ucap Ni Putu Eka”.

Dilanjutkan dengan paparan oleh Narasumber Ibu Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., MN., Ph.D dengan Tema Workshop Monitoring dan Evaluasi CPL dan CPMK Mata Kulaih untuk Tercapainya Profil Lulusan.

Di awal paparanya beliau menyampaikan “Kita tidak bisa melakukan Monitoring dan Evaluasi kalua pengukuranya belum dilakukan, dan pengukuranya itu bisa dilakukan kalau kurikulum mappingnya sudah selesai dan juga CPMK bisa terukur dengan baik kalau secara rutin prodi telah melaksanakan portfolio.

Yang terkumpulkan dari hasil pengumpulan contoh kurikulum mapping saya menemukan memang starting poitnya berbeda-beda, ada prodi yang berproses ada prodi yang memang belum berproses, sehingga kesimpulanya adalah prodi yang sudah mengumpulkan kurikulum mapping tidak sama, starting pointnya berarti memang belum terimplementasi karena jika sudah terimplementasi makas seluruh prodi sudah mencapai hal yang sama. “Ucap Rini Mengawali Paparanya”.

Kesimpulan dari rangkaian kegiatan ini adalah ketercapaian profil lulusan membutuhkan suatu evaluasi yang sistematik terstruktur, terukur, dan harus line dari learning out come, learning activities dan assessment yang bersifat siklus.

Share :