LP3M UPNVJ

Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan pelatihan peyusunan dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) selama tiga hari dari tanggal 18 April hingga 20 April 2022 secara online. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh Kapus Audit Mutu Internal (AMI) LP3M UPN Veteran Jakarta. Susunan kegiatan disertai pembekalan dan praktik penyusunan dokumen standar oleh Narasumber.

Adapun susunan kegiatan pelaksanaan pada 18 April 2022 yaitu, dengan melaksanakan kegiatan bimbingan dan pelatihan pembekalan penyusunan dokumen standar sekaligus praktik penyusunan dokumen standar oleh peserta. Pada tanggal 19 April 2022, dilakukan kegiatan pembekalan dilanjutkan dengan pelatihan penyusunan dokumen kebijakan SPMI berupa dokumen kebijakan, dokumen manual mutu, dan formular. Di hari terakhir 20 April 2022, peserta mempresentasikan hasil praktik penyusunan dokumen SPMI.

Dokumen Kebijakan SPMI digunakan untuk menginformasikan kepada pemangku kepentingan Perguruan Tingi tentang konsep, struktur, mekanisme dan keorganisasian SPMI di perguruan tinggi menjadikan dasar dalam penyusunan Dokumen Manual SPMI, Dokumen Standar dalam SPMI, dan Dokumen Formulir yang digunakan dalam SPMI.

Saat ini UPNVJ telah memiliki Dokumen SPMI secara lengkap. Terdapat banyak perubahan yang dialami UPNVJ baik seperti beberapa program untuk pemenuhan 8 IKU diantaranya akreditasi Internasional, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta adanya akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).  Sehingga perlu banyak penyesuaian Dokumen SPMI yang ada, terutama Dokumen Standar.  Mengikuti perkembangan arah perguruan tinggi, kebijakan, serta aturan pemerintah yang terus berkembang. Pelatihan penyusunan dokumen SPMI sangat mendukung pihak LP3M untuk lebih memahami materi untuk pengembangan SPMI tersebut. Selain itu pelatihan ini menjadi sarana Benchmarking dan best practice bagi pelaksanaan SPMI dari PTN lain.

Share :