LP3M UPNVJ

Pelaksanaan TOT Pancasila dan Kewarganegaraan yang dilaksanakan tanggal 6 – 9 Juli 2021 secara daring oleh Pusat MKWU LP3M UPNV Jakarta telah berjalan dengan baik dan lancar. Hasil yang diharapkan dari TOT Pancasila & Kewarganegaraan ini adalah meningkatnya kemampuan dosen dan calon dosen dalam mengaplikasikan metode pembelajaran yang menunjang kecakapan dan kompetensi dosen mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Disamping itu semoga calon dosen muda mata kuliah Pancasila & Kewarganegaraan semakin tertarik dan mengajar dengan cara yang didukung oleh metode pembelajaran yang menarik, mengingat dosen yang mengajar mata kuliah Pancasila & Kewarganegaraan ini sangat minim dosen mudanya sehingga sampai saat ini mata kuliah Pancasila & Kewarganegaraan ini masih diampu oleh dosen-dosen yg sudah senior. Hasil kegiatan TOT Pancasila & Kewarganegaraan dengan Pola 100 jam tersebut, meliputi :

  1. Pendalaman wawasan dan media pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Penugasan secara mandiri dan kelompok, bagi peserta TOT Pancasila & Kewarganegaraan

Para Narasumber sangat luar biasa memberikan wawasan dan pencerahan bagi peserta TOT Pancasila & Kewarganegaraan karena dalam memberikan materinya sangat interaktif dan kekinian dalam memberikan contoh masalah-masalah kebangsaan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia. Saat sesi tanya jawab terjadi diskusi sangat menarik terlihat saat para peserta menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang bagus dan direspon oleh Narasumber dengan memberikan alternatif solusi dalam penyelesaiannya.

Sesuai dengan jadwal pelaksanaan kegiatan TOT Pancasila & Kewarganegaraan juga dilakukan koordinasi tugas-tugas yang harus dilakukan oleh masing-masing UPNV maka dibuatkan room breakout untuk memfasilitasi kegiatan diskusi kelompok masing-masing.

Share :