
Jakarta – 5 Agustus 2025 – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) kembali menyelenggarakan Pelatihan Pembelajaran Bauran Batch II yang dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 5–6 Agustus 2025. Kegiatan ini bertempat di Gedung Soepomo Lt. 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ, dan diinisiasi oleh Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran sebagai bentuk komitmen dalam mendukung peningkatan mutu pembelajaran di lingkungan UPNVJ.

Kegiatan hari pertama dibuka secara resmi oleh Kepala LPMPP UPNVJ, Satria Yudhia Wijaya, SE., MS.Ak., yang dalam sambutannya menyampaikan berbagai masukan terkait implementasi pembelajaran bauran (blended learning) di UPNVJ. Beliau menekankan pentingnya peran dosen dalam merancang proses belajar yang adaptif dan inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan mahasiswa.
Setelah pembukaan, Kepala LPMPP juga bertindak sebagai narasumber pertama dengan membawakan materi terkait sistem penjaminan mutu akademik di UPNVJ. Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa pembelajaran bauran perlu selaras dengan kebijakan mutu agar mampu menciptakan lulusan yang unggul dan kompeten.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber kedua, yaitu Sekretaris LPMPP UPNVJ, Dr. Ni Putu Eka Widiastuti, SE., M.Si., CSRS. Ia membahas secara mendalam tentang penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang baik dan benar. Ia menekankan bahwa RPS tidak hanya memenuhi aspek administratif, tetapi juga harus membangun logika pembelajaran yang bermakna bagi mahasiswa.

Usai sesi istirahat, sholat, dan makan (ishoma), pelatihan dilanjutkan dengan pengenalan Sistem Informasi Pembelajaran (SIMPEL) oleh Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran, Dr. Arief Wahyudi J., M.Kep., M.Pd.Ked. Dalam sesi ini, peserta diajak memahami fitur-fitur utama SIMPEL sebagai platform pendukung digitalisasi pembelajaran di UPNVJ.

Sebagai penutup hari pertama, Kepala Pusat e-Learning, Andika Octa Indarso, S.Kom., M.T.I., memberikan pelatihan mengenai penggunaan H5P dalam pembelajaran. Ia menunjukkan bagaimana H5P dapat dimanfaatkan untuk menciptakan konten interaktif yang meningkatkan partisipasi dan pemahaman mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran daring.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas dosen dalam mengimplementasikan pembelajaran bauran secara optimal, serta mendukung transformasi digital dalam pendidikan tinggi di UPNVJ.