LPMPP UPNVJ

Jakarta – Dalam upaya memperkuat sistem penjaminan mutu, audit mutu internal (AMI), pengembangan pembelajaran, serta peningkatan capaian akreditasi, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Perjuangan (UNPER) Tasikmalaya melaksanakan kegiatan benchmarking ke Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPMPP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ), pada [tanggal kegiatan].

Kegiatan diawali dengan sambutan hangat dari Kepala LPMPP UPNVJ, Satria Yudhia Wijaya, S.E., M.S.Ak., yang menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari LP3M UNPER dan menekankan pentingnya kolaborasi antar institusi pendidikan tinggi untuk saling berbagi praktik baik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Beliau juga memperkenalkan struktur organisasi LPMPP UPNVJ dan garis besar peran strategisnya dalam mendukung pencapaian visi akademik universitas, “Ujar Satria”.

Kepala LPMPP UPNVJ juga memaparkanstruktur organisasi, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) tim LPMPP UPNVJ, serta isu-isu strategis yang sedang dihadapi UPNVJ. Penjelasan juga mencakup sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dan eksternal (SPME), serta manajemen pengelolaan mutu dan pengembangan pembelajaran yang telah berjalan secara sinergis.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua LP3M UNPER, Dwi Wijayanti, M.Si., Ph.D., yang menyampaikan tujuan benchmarking sebagai bagian dari strategi penguatan tata kelola mutu internal, peningkatan kapasitas pengembangan pembelajaran, serta persiapan menuju akreditasi nasional maupun internasional. Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan referensi bagi pengembangan kebijakan serta pelaksanaan program-program di LP3M UNPER.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi paparan dari masing-masing kepala pusat di bawah LPMPP UPNVJ, diawali oleh:

Kepala Pusat Audit Mutu Internal (Kapus AMI), yang menjelaskan tupoksi AMI serta berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, seperti Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), Rencana Tindak Lanjut (RTL), pelatihan dan penyamaan persepsi auditor internal. Saat ini, fokus utama AMI adalah audit mutu internal khusus implementasi kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE).

Kepala Pusat Akreditasi, yang menyampaikan bahwa Fakultas Ilmu Kesehatan UPNVJ telah berhasil meraih akreditasi internasional ASIIN (Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics) dengan hasil final dari para ahli pada 12 April 2025. Selanjutnya, Fakultas Teknik tengah mempersiapkan akreditasi internasional melalui lembaga IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran, yang memaparkan pengembangan sistem pembelajaran berbasis digital bernama SIMPEL, yang bertujuan mempermudah dosen dalam proses input nilai dan KRS. Pusat ini juga sedang berkolaborasi dengan Kapus AMI untuk mengevaluasi kurikulum OBE yang diadopsi secara khusus di UPNVJ.

Kepala Pusat Penjaminan Mutu, yang menjelaskan revisi perangkat SPMI, kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran, pengembangan sistem pelaporan mutu, serta penjaminan mutu dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM).

Setelah paparan dari tim LPMPP UPNVJ, Ketua LP3M UNPER turut menyampaikan gambaran umum struktur organisasi LP3M Universitas Perjuangan, serta berbagai kegiatan strategis yang telah dijalankan, termasuk pengelolaan akreditasi program studi, pelaksanaan SPMI dan AMI, pengembangan pembelajaran, dan manajemen pengelolaan keuangan lembaga.

Kegiatan benchmarking ditutup dengan sesi diskusi interaktif antara kepala pusat dari kedua lembaga. Diskusi berlangsung dinamis dengan pertukaran ide, tantangan, serta praktik-praktik efektif yang dapat diadaptasi sesuai konteks masing-masing institusi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan terjalin sinergi dan kolaborasi berkelanjutan antara LP3M UNPER dan LPMPP UPNVJ, demi mendorong peningkatan mutu pendidikan tinggi yang unggul, adaptif, dan berdaya saing global.

Share :