
Depok, 16 April 2025 – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) menggelar Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Report Hasil Final Akreditasi ASIIN bertempat di Ruang Kelas 507, Gedung MERCe. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam menjaga dan meningkatkan mutu program studi, khususnya setelah diperolehnya akreditasi internasional dari ASIIN.
Rapat dihadiri oleh Kepala LPMPP, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Sekretaris LPMPP, Kepala Pusat Akreditasi Internasional, Kepala Pusat Pembelajaran, serta para Ketua Program Studi S1 Gizi, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, dan Profesi Ners.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala LPMPP UPNVJ Satria Yudhia Wijaya, SE., MS., Ak. yang menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh tim yang terlibat dalam proses akreditasi. “Setelah melalui tahapan panjang dalam proses akreditasi internasional ASIIN, kita patut bersyukur karena empat program studi di FIKES berhasil meraih akreditasi internasional. Ini merupakan momentum berharga yang mencerminkan komitmen institusi dalam menjamin mutu pendidikan, ”ujar satria”.

Selanjutnya, Kepala Pusat Akreditasi Internasional Dr. Putri Permatasari, SKM, MKM memaparkan rencana tindak lanjut berdasarkan Final Accreditation Report dari ASIIN. Dalam paparannya disampaikan bahwa Project Manager ASIIN telah mengirimkan dokumen resmi berupa laporan akhir, surat keputusan akreditasi, segel ASIIN, dan sertifikat. Berdasarkan surat keputusan tersebut, akreditasi telah diberikan dengan beberapa persyaratan tambahan yang harus dipenuhi.
Sebagai bagian penting dari rapat, para peserta kemudian terlibat dalam sesi diskusi untuk merumuskan strategi dan langkah-langkah konkret dalam menindaklanjuti hasil rekomendasi dari para expert ASIIN. Diskusi ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap rekomendasi ditindaklanjuti secara sistematis demi menjaga standar mutu internasional yang telah dicapai.

Rapat koordinasi ini menjadi langkah awal dalam fase pasca-akreditasi, sekaligus penegasan komitmen institusi dalam pengembangan mutu pendidikan tinggi yang berkelanjutan dan berorientasi global.