LP3M UPNVJ

Senin, 30 September 2024 — UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) memulai proses sertifikasi ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu dan ISO 21001:2018 tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Proses ini merupakan bagian dari komitmen UPNVJ dalam memastikan kualitas manajemen institusi sesuai dengan standar.

sambutan rektor upnvj

Bertempat di Ruang Rapat Nusantara 1, Lantai 2 Gedung Rektorat UPNVJ, proses sertifikasi ini menandai langkah besar UPNVJ untuk terus meningkatkan tata kelola dan manajemen mutu sesuai standar. Rektor UPNVJ, Bapak Anter Venus, menyampaikan bahwa Sertifikasi ini merupakan bagian dari perjalanan panjang UPNVJ dalam memperbaiki sistem manajemen yang ada. “UPNVJ memiliki komitmen untuk berada di jalur yang benar, mengedepankan good governance, serta menjalankan standar pengelolaan sesuai dengan standar internasional. Kami telah menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Sertifikasi ini,” tuturnya.

Sertifikasi akan berlangsung selama tiga hari, melibatkan seluruh elemen di kampus, mulai dari satuan kerja (satker), biro, hingga unit-unit penunjang lainnya. “Selama tiga hari ke depan, tim akan bekerja bersama untuk mendukung pelaksanaan sertifikasi ini,” tambahnya.

sambutan ketua tim auditor

Drs. Jani Rahardjo, MBA. Tech., Ph.D. Ketua Tim auditor yang hadir secara langsung, menjelaskan bahwa sertifikasi ini mencakup dua aspek, yakni ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018. “Sertifikasi ini mencakup sistem manajemen pendidikan secara umum dan sistem manajemen mutu. Tim akan melakukan pengecekan dokumen terkait penerapan di lapangan selama visitasi berlangsung,” ujar Jani.

Jani juga menjelaskan bahwa selama proses sertifikasi, terdapat tiga jenis temuan yang mungkin muncul, yaitu temuan major, minor, dan observasi/ saran. “Temuan major berarti ada kerusakan besar dalam sistem yang perlu diperbaiki pada akhirnya tidak bisa diberikan sertifikat dan diberikan waktu 2 bulan dalam proses perbaikan. Temuan minor mengacu pada ketidakkonsistenan  penerapan yang masih bisa diperbaiki. Sedangkan observasi atau saran adalah kecenderungan tidak konsisten penerapan yang perlu diperhatikan agar tidak berkembang menjadi temuan major,” jelasnya.

Proses sertifikasi ini dipimpin oleh tim auditor Drs. Jani Rahardjo, MBA. Tech., Ph.D., Dr. H. Adapun anggota auditor Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd., dan Eko Sudamar Widodo, S.Sos. Mereka berperan sebagai auditor yang memimpin proses audit baik secara langsung maupun virtual melalui Zoom. Eko menjelaskan bahwa sertifikasi ini mencakup dua aspek penting, yaitu ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018. “Tim akan melakukan pengecekan dokumen terkait penerapan di lapangan selama visitasi berlangsung,” ujar Eko melalui Zoom.

Proses sertifikasi ini diharapkan berjalan lancar dan menghasilkan laporan akhir yang akan dipresentasikan pada 2 Oktober 2024. Penutupan acara juga akan dilakukan pada hari yang sama, dengan evaluasi hasil audit dan rekomendasi yang diberikan oleh tim auditor.

foto bersama auditor iso stage II

Kegiatan ini dihadiri secara hybrid, dengan pimpinan rektorat, dekan, kepala biro, dan pimpinan fakultas yang turut bergabung melalui Zoom. Penutupan acara akan dilakukan pada 2 Oktober 2024, dengan laporan sementara yang akan dipresentasikan oleh tim auditor.

Dengan proses sertifikasi ini, UPNVJ berharap dapat meningkatkan kualitas manajemen secara berkelanjutan dan memenuhi standar internasional dalam pendidikan tinggi

Share :