LP3M UPNVJ

Jakarta, 18 Juli 2024 – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) melanjutkan Pelatihan Pembelajaran Bauran pela yang berlangsung selama dua hari, pada Hari/Tanggal Kamis-Jumat, 18-19 Juli 2024. Pelatihan ini diinisiasi oleh Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran LPMPP UPNVJ Dr. Ns. Arief W. Jadmiko, M.Kep., M.Pd.Ked. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Magister Akuntansi, Gedung Husni Tamrin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ.

Pelatihan lanjutan pada hari kedua ini diisi oleh beberapa pemateri, pemateri pertama drg. Nadia Greviana, M.Pd.Ked yang menyampaikan materi Peran Dosen Sebagai Fasilitator dalam Mata Kuliah Bauran. Drg. Nadia menjelaskan pentingnya peran dosen dalam mendampingi mahasiswa dan memfasilitasi proses belajar agar lebih efektif dan menyenangkan.

Pemateri kedua adalah Andhika Octa I. S.Kom., M.MSI yang menyampaikan materi Optimalisasi Fitur Leads (LMS) untuk mendukung pelaksanaan mata kuliah bauran. Beliau memberikan penjelasan mengenai cara memanfaatkan Learning Management System (LMS) secara maksimal untuk mendukung proses pembelajaran yang interaktif dan efisien.

Pemateri ketiga, Dr. Ir. Muchammad Oktaviandri, S.T., M.T., IPM., ASEAN.Eng menyampaikan materi Metode Evaluasi yang Sesuai dengan Capaian Pembelajaran (Constructive Alignment). Materi ini membahas cara menyelaraskan metode evaluasi dengan tujuan pembelajaran sehingga evaluasi yang dilakukan dapat mengukur capaian belajar mahasiswa dengan tepat.

Pemateri terakhir adalah Syammas P. Syarbini, S.Ikom., M.M yang menyampaikan materi Pembuatan Media Ajar yang Menarik menggunakan aplikasi CANVA. Materi ini memberikan keterampilan praktis bagi dosen dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan efektif.

Pelatihan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta, yang terdiri dari dosen-dosen berbagai fakultas di UPNVJ. Mereka berharap agar pelatihan serupa dapat terus dilakukan untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di UPNVJ.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para dosen dapat menerapkan metode pembelajaran bauran dengan lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di UPNVJ secara keseluruhan.

Share :