LP3M UPNVJ

Jakarta – MKWK LPMPP dengan bangga menyelenggarakan Pameran Gelar Karya PjBL MKWK TA. 2024/2025 pada tanggal 3 – 7 Juni 2024. Acara ini merupakan puncak dari kegiatan Project Based Learning / Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang dilakukan oleh mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta yang mengampu MKWK TA. 2024/2025 di bawah bimbingan dosen Mata Kuliah Pendidikan Bela Negara, Pancasila dan Kewarganegaraan, Kepemimpinan, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia. PJBL kolaborasi merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, motivasi belajar, dan pemahaman mahasiswa. Dengan menerapkan PJBL kolaborasi, dosen dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan berbagai keterampilan yang penting untuk kesuksesan di masa depan.

Pameran Gelar Karya PjBL MKWK TA. 2024/2025 bertujuan untuk:

  1. Menampilkan hasil-hasil PjBL yang telah dilakukan oleh mahasiswa MKWK TA. 2024/2025 di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan dalam bentuk Poster, dalam Poster memuat Barcode Artikel dan Video PjBL yang sudah di unggah ke YouTube.
  2. Memberikan ruang bagi mahasiswa untuk memamerkan kreativitas dan inovasinya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat.
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya PjBL sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“PjBL merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Melalui PjBL, mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat,” ujar Kapus MKWK dan Pengembangan Karakter Bela Negara.

Dalam Pameran Gelar Karya PjBL MKWK ini juga mendapatkaan perhatian khusus oleh Rektor UPN “Veteran” Jakarta Dr. Anter Venur, MA. COMM, sebelum melihat hasil PjBL mahasiswa, beliau memberikan arahan terkait pembelajaran MKWK ke depannya agar mahasiswa yang menempuh MKWK mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus yang selama ini sudah di terapkan oleh MKWK. Dengan pameran gelar karya PjBL ini akan memberikan motivasi mahasiswa lebih kreatif, inovasi dalam mengimplementasikan nilai-nilai bela negara. Dalam kesempatan ini, Rektor juga melakukan apresiasi poster-poster yang menarik dan menanyakan kepada mahasiswa yang melakukan kegiatan tersebut.

“Kami berharap Pameran Gelar Karya PjBL MKWK TA. 2024/2025 dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa/i lain untuk lebih aktif dalam kegiatan PjBL. PjBL merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa/i untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilannya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujar Aniek, Kapus MKWK dan Pengembangan Karakter Bela Negara.

Share :