LP3M UPNVJ

LP3M – Rabu, 24 Mei 2023 Dosen Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) UPN Veteran Jakarta berhasil memuat tulisan opininya yang berjudul menakar metode pembelajaran Pancasila pada surat kabar Harian Ekonomi NERACA yang terbit pada 5 Mei 2023.

Penerapan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) di UPN Veteran Jakarta telah diorganisir dengan baik, hal tersebut menunjukkan komitmen yang kuat dari Universitas dalam mempersiapkan Proses Belajar Mengajar (PBM) agar tujuan pembelajaran MKWU dapat tercapai. Keberadaan Pusat MKWU di UPNVJ menjadi bukti upaya Universitas dalam memenuhi persyaratan kurikulum yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pusat MKWU adalah meningkatkan pengetahuan para dosen melalui pelatihan yang dipandu oleh pengajar yang kompeten. Dengan pelatihan tersebut, diharapkan dosen MKWU dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam proses pembelajaran MKWU.

Selain itu, dosen MKWU di UPNVJ turut aktif dalam berkontribusi meningkatkan pengetahuan melalui berbagi materi pembelajaran kepada sesama dosen melalui pembuatan materi secara kelompok. Hal ini turut memperkaya pengetahuan dan pengalaman para dosen, serta memastikan variasi dalam penyampaian materi kepada mahasiswa. Pusat MKWU juga mendorong partisipasi semua dosen dalam pembuatan soal ujian, memberikan kesempatan bagi setiap dosen untuk berkontribusi dalam proses evaluasi serta menjadi penulis di berbagai koran berita daerah maupun nasional.

Dalam upaya meningkatkan pengalaman pembelajaran, dosen MKWU di UPNVJ memberikan peran penting kepada mahasiswa. Dengan melalui pendekatan diskusi kelompok seperti Jigsaw, problem solving, dan you lecturer, I am students diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengalaman di ruang kelas yang bervariasi. Tempat pembelajaran tidak hanya terbatas di dalam kelas, tetapi juga menggunakan ruang terbuka, lantai dasar, atau perpustakaan. Dosen jarang menggunakan presentasi PowerPoint (PPT), tetapi materi diskusi disesuaikan dengan kasus aktual. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan soft skill mahasiswa seperti komunikasi, kerjasama, inisiatif, empati, berpikir analitis, serta menghargai orang lain.

Share :