LP3M UPNVJ

Dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran semester Ganjil TA. 2021/2022, UPN Veteran Jakarta melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) menggelar workshop Pembuatan Video Pembelajaran. Kegiatan workshop ini digelar selama dua hari, 19 Juli dan 21 Juli 2021 yang melibatkan peserta dari perwakilan masing-masing Fakultas, baik dosen maupun admin atau humas yang ada di lingkungan UPN Veteran Jakarta.

Acara workshop diisi oleh para narasumber yang memiliki keahlian masing-masing di dalam pembuatan video pembelajaran. Pada 19 Juli 2021, kegiatan workshop diisi oleh Angga Liberty Pratama selaku Managing Director, Look Media yang membawakan tema: Pengembangan Video Pembelajaran Sederhana. Sedangkan pada 20 Juli 2021, kegiatan workshop menghadirkan Bonny A. Suryawinata, S.T., M.Ars selaku Knowledge Multimedia Manager, BINUS Higher Education yang membawakan materi dengan tema Membuat Video Based Learning secara mandiri.

Workshop dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Anter Venus, MA., Comm., yang dilanjutkan dengan arahan dari Ketua LP3M, Satria Yudhia Wijaya., SE., MS. Ak. kepada para peserta workshop yang mencapai 100 orang lebih sebelum kegiatan workshop dimulai.

“Era digital membuka peluang pembelajaran yang sangat terbuka dan sumber-sumber pembelajaran sangat luas. Sumber pembelajaran yang ingin diciptakan UPN Veteran Jakarta adalah video pembelajaran. Fungsinya akan sangat banyak bukan hanya pembelajaran bagi mahasiswa namun bisa digunakan oleh masyarakat luas melalui YouTube”, ujar Dr. Anter Venus., Comm.

Pada hari pertama pelaksanaan workshop, Angga Liberty membuka kegiatan dengan menghadirkan materi-materi yang teraktual seputar video pembelajaran dengan memberikan contoh-contoh video yang menggunakan animasi baik 2D maupun 3D. Selain video yang menggunakan animasi ia juga menghadirkan jenis-jenis video pembelajaran lainnya yang ada dengan mengajarkan teknik-teknik dasar pengambilan video yang baik. Di sesi setelah istirahat makan siang, Angga mengajak para peserta untuk mempraktikan pembuatan storyboard yang bisa diikuti oleh para peserta dengan mudah. Para peserta antusias untuk menampilkan hasil karyanya kepada narasumber. Setelah mempraktikan storyboard, peserta diajak untuk mempelajari teknik dasar dalam editing video dengan menggunakan Adobe Premiere dan Filmora yang turut memperlihatkan perbedaan user interface keduanya. Peserta tampak menyimak dengan baik kegiatan workshop hari pertama dari awal hingga akhir.

Di hari kedua, Bonny A. Suryawinata tidak sendirian. Bonny turut mengajak timnya yang berada di dalam divisi Knowledge Management and Innovation (KMI), Universitas Bina Nusantara, diantaranya Djoko Raditya Dyan, Taufan Dermawan dan Heru Santoso untuk memberikan paparan di hadapan para peserta workshop Pembuatan Video Pembelajaran. Sesi awal, peserta diperlihatkan bagaimana Universitas Bina Nusantara membangun ekosistem Video Pembelajaran bagi dosen-dosen mereka yang bisa dilakukan secara mandiri. Kemudian pada sesi berikutnya, peserta diajarkan cara membuat video pembelajaran dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Peserta tampak menyimak penjelasan yang diberikan oleh Taufan Dermawan selaku Videografer KMI. Di sesi terakhir, peserta diajarkan cara menggunakan VlogNow (VN) yang merupakan perangkat lunak video editing yang gratis dan bisa digunakan oleh para peserta dengan mudah. Acara kegiatan workshop ini berjalan dengan baik dan lancar dan antusias para peserta tampak dari hari pertama hingga hari terakhir.

Share :